Membangun Cinta Matematika: Perjalanan Akhmad Khaidar Menjadi Guru Matematika

 

Membangun Cinta Matematika: Perjalanan Akhmad Khaidar Menjadi Guru Matematika

 

 


I. Data Pribadi

Nama Lengkap                      : Akhmad Khaidar, S.Pd.

Tempat & Tanggal Lahir     : Tangerang, 13 Juni 1999

Jenis Kelamin                        : Laki-laki

Agama                                    :  Islam

Alamat                                   : Gg. Sadar RT 005/002 Cipondoh, kota Tangerang

Pekerjaan                               : Pengajar atau Guru

 

II. Riwayat Pendidikan

- SD : SDN Gondrong 7

- SMP : SMPN 18 Tangerang

- SMA  : SMA Muhammadiyah 2

- Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

III. Karier dan Pengalaman Mengajar

- Tahun mulai mengajar

Juli 2023

- Sekolah tempat mengajar

SMP Islam Darul Hasan

- Mata pelajaran yang diajar

Matematika

 


Pertanyaan:

1.                          1.Sejak kapan pak Khaidar tertarik menjadi guru matematika?

Jawaban :

Sejak masih duduk di bangku SMP saya sudah tertarik untuk menjadi guru matematika. Ketertarikan itu muncul karena saya merasa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan dan saya ingin menularkan rasa senang belajar matematika kepada siswa lain. Saya ingin membantu siswa memahami matematika dengan cara yang lebih menyenangkan.

 

2. Apa motivasi pak Khaidar menjadi guru matematika?

Jawaban :

Motivasi saya menjadi guru matematika adalah karena saya ingin merubah pandangan bahwa matematika itu sulit dan menakutkan. Matematika sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan jika cara mengajarnya tepat. Dengan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, matematika bisa menjadi pelajaran yang disukai siswa. Saya ingin memberikan pemahaman matematika yang benar kepada siswa agar mereka tidak takut lagi dengan matematika.

3. Metode pembelajaran apa yang sering pak Khaidar terapkan dalam mengajar matematika?

Jawaban :

Dalam mengajar matematika, saya sering menerapkan metode Problem Based Learning dan Direct Instruction. Problem Based Learning saya gunakan dengan memberikan permasalahan kontekstual kepada siswa terlebih dahulu untuk membangun pemahaman konsep matematika mereka. Sedangkan Direct Instruction saya gunakan untuk menjelaskan konsep-konsep matematika secara langsung dan terstruktur agar siswa lebih mudah memahaminya.

 

4. Apa saja prestasi yang pernah diraih oleh siswa bimbingan pak Khaidar dalam bidang matematika?

Jawaban :

Prestasi siswa yang pernah saya bimbing di bidang matematika antara lain juara 1 olimpiade matematika tingkat kota, dan beberapa siswa yang berhasil lolos seleksi masuk SMA favorit dengan nilai matematika yang baik. Saya bangga dengan pencapaian siswa-siswa saya tersebut.

 

5. Bagaimana cara pak Khaidar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di sela-sela aktivitas mengajar?

Jawaban :

   Di sela-sela kesibukan mengajar, saya berusaha menjaga kesehatan dan kebugaran dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, serta rutin berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu, yaitu berenang dan bulutangkis. Menurut saya, kebugaran fisik sangat penting agar saya tetap bersemangat dalam mengajar dan memberikan teladan hidup sehat kepada para siswa.




Written by Muhammad Akbar Geovany

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Membangun Cinta Matematika: Perjalanan Akhmad Khaidar Menjadi Guru Matematika"

Posting Komentar